MATLAB
MATLAB
(Matrix Laboratory) adalah sebuah lingkungan komputasi
numerikal dan bahasa pemrograman komputer generasi keempat.
Dikembangkan oleh The MathWorks, MATLAB
memungkinkan manipulasi matriks, pem-plot-an fungsi dan data,
implementasi algoritma,
pembuatan antarmuka
pengguna, dan peng-antarmuka-an dengan program dalam bahasa lainnya. Meskipun
hanya bernuansa numerik, sebuah kotak kakas (toolbox) yang menggunakan
mesin simbolik MuPAD, memungkinkan akses terhadap
kemampuan aljabar komputer. Sebuah paket tambahan, Simulink,
menambahkan simulasi grafis multiranah dan Desain Berdasar-Model untuk sistem
terlekat dan dinamik.
Pada tahun
2004, MathWorks mengklaim bahwa MATLAB telah dimanfaatkan oleh lebih dari satu
juta pengguna di dunia pendidikan dan industri.
MATLAB (yang
berarti "matrix laboratory") diciptakan pada akhir tahun
1970-an oleh Cleve Moler, yang kemudian
menjadi Ketua Departemen Ilmu Komputer di Universitas New Mexico. Ia
merancangnya untuk memberikan akses bagi mahasiswa dalam memakai LINPACK dan EISPACK tanpa harus mempelajari Fortran.
Karyanya itu segera menyebar ke universitas-universitas lain dan memperoleh
sambutan hangat di kalangan komunitas matematika terapan. Jack Little, seorang
insinyur, dipertemukan dengan karyanya tersebut selama kunjungan Moler ke
Universitas Stanford pada tahun 1983. Menyadari potensi komersialnya, ia
bergabung dengan Moler dan Steve Bangert. Mereka menulis ulang MATLAB dalam
bahasa pemrograman C, kemudian mendirikan The MathWorks pada tahun
1984 untuk melanjutkan pengembangannya. Pustaka yang ditulis ulang tadi kini
dikenal dengan nama JACKPAC.[butuh rujukan] Pada tahun
2000, MATLAB ditulis ulang dengan pemakaian sekumpulan pustaka baru untuk
manipulasi matriks, LAPACK.
MATLAB pertama kali diadopsi
oleh insinyur rancangan kontrol (yang juga spesialisasi Little), tapi lalu
menyebar secara cepat ke berbagai bidang lain. Kini juga digunakan di bidang
pendidikan, khususnya dalam pengajaran aljabar
linear dan analisis numerik, serta populer di kalangan
ilmuwan yang menekuni bidang pengolahan
citra.
MATLAB adalah
sebuah bahasa dengan kinerja tinggi untuk komputasi masalah teknik. MATLAB
mengintegrasikan komputasi, visualisasi, dan pemrograman dalam suatu model yang
sangat mudah untuk pakai dimana masalah-masalah dan penyelesaiannya
diekspresikan dalam notasi matematika yang familiar. Penggunaan Matlab
meliputi:
·
Matematika dan komputasi
·
Pembentukan algoritma
·
Akusisi data
·
Pemodelan, simulasi, dan pembuatan prototype
·
Analisa data, explorasi, dan visualisasi
·
Grafik keilmuan dan bidang rekayasa
Nama MATLAB
merupakan singkatan dari matrix laboratory.
Dalam lingkungan perguruan tinggi teknik, Matlab merupakan perangkat standar
untuk memperkenalkan dan mengembangkan penyajian materi matematika, rekayasa
dan kelimuan. Di industri, MATLAB merupakan perangkat pilihan untuk penelitian
dengan produktifitas yang tingi, pengembangan dan analisanya. Fitur-fitur
MATLAB sudah banyak dikembangkan, dan lebih kita kenal dengan namatoolbox. Sangat penting bagi seorang pengguna
MATLAB, toolbox mana yang mandukung untuk learn dan apply technology yang
sedang dipelajarinya. Toolbox ini
merupakankumpulan dari fungsi-fungsi MATLAB (M-files) yang telah
dikembangkan ke suatu lingkungan kerja MATLAB untuk memecahkan masalah dalam
kelas particular. Area-area yang sudah bisa dipecahkan dengan toolbox saat ini
meliputi pengolahan sinyal, system kontrol, neural networks, fuzzy logic, wavelets, dan lain-lain.
Sebagai sebuah system, MATLAB
tersusun dari 5 bagian utama:
1. Development
Environment, merupakan sekumpulan perangkat dan fasilitas yang
membantu kita untuk menggunakan fungsi-fungsi dan file-file MATLAB. Beberapa
perangkat ini merupakan sebuah Graphical User Interfaces
(GUI). Termasuk didalamnya adalah MATLAB desktop dan Command
Window, Command History, sebuah
editor dan debugger, dan browsers untuk
melihat help, workspace, files,
dan search path.
2. MATLAB
Mathematical Function Library, merupakan sekumpulan algoritma
komputasi mulai dari fungsi-fungsi dasar sepertri: sum, sin, cos, dan complex arithmetic, sampai
dengan fungsi-fungsi yang lebih kompek seperti matrix
inverse, matrix eigenvalues, Bessel functions, dan fast Fourier transforms.
3. MATLAB
Language, merupakan suatu high-level matrix/array
language dengan control flow statements,
functions, data structures, input/output, dan fitur-fitur object-oriented
programming. Ini memungkinkan bagi kita untuk melakukan kedua hal
baik “pemrograman dalam lingkup sederhana” untuk mendapatkan hasil yang cepat,
dan “pemrograman dalam lingkup yang lebih besar” untuk memperoleh hasil-hasil
dan aplikasi yang komplek.
4. Graphics, MATLAB
memiliki fasilitas untuk menampilkan vector dan matrices sebagai suatu grafik.
Didalamnya melibatkan high-level functions (fungsi-fungsi
level tinggi) untuk visualisasi data dua dikensi dan data tiga dimensi, image processing, animation, dan presentation graphics. Ini juga melibatkan fungsi
level rendah yang memungkinkan bagi kita untuk membiasakan diri untuk
memunculkan grafik mulai dari benutk yang sederhana sampai dengan tingkatan
graphical user interfaces pada aplikasi MATLAB.
5. MATLAB
Application Program Interface (API), merupakan suatulibrary yang memungkinkan program yang telah kita
tulis dalam bahasa C dan Fortran mampu berinterakasi dengan MATLAB. Ini
melibatkan fasilitas untuk pemanggilan routines dari
MATLAB (dynamic linking), pemanggilan MATLAB sebagai sebuahcomputational engine, dan untuk membaca dan
menuliskan MAT-files.
Matlab
menyediakan beberapa fasilitas, diantaranya :
1. Manipulasi
mudah untuk membentuk matriks.
2. Sejumlah
rutin yang yang biasa diakses dan dimodifikasi dengan mudah.
3. Fasilitas
canggih untuk mendapatkan gambar berdimensi dua atau tuga.
4. Kemudahan
untuk menulis program yang singkat, sederhana, yang dapat dikembangkan sesuai
kebutuhan.
1.
Jendela perintah (Command Window)
Pada command
window, semua perintah matlab dituliskan dan diekskusi. Kita dapat menuliskan
perintah perhitungan sederhana, memanggil fungsi, mencari informasi tentang
sebuah fungsi dengan aturan penulisannya (help), demo program, dan sebagainya.
Setiap penulisan perintah selalu diawali dengan prompt ‘>>’. Misal,
mencari nilai sin 750, maka pada command window kita dapat mengetikkan:
>> sin(75)
ans =
-0.38778
2.
Jendela ruang kerja (Workspace)
Jendela ini
berisi informasi pemakaian variabel di dalam memori matlab. Misalkan kita akan
menjumlahkan dua buah bilangan, maka pada command window kita dapat
mengetikkan:
>> bilangan1 = 10
bilangan1=10
>> bilangan2 = 5
bilangan1=10
>> hasil= bilangan1 +
bilangan2
hasil=15
Untuk melihat variabel yang aktif
saat ini, kita dapat menggunakan perintah who.
>> who
Your variables are:
bilangan1 bilangan2 hasil
3.
Jendela Histori (Command History)
Jendela ini
berisi informasi tentang perintah yang pernah dituliskan sebelumnya. Kita dapat
mengambil kembali perintah dengan menekan tombol panah ke atas atau mengklik
perintah pada jendela histori, kemudian melakukan copy-paste ke command window.
4.
Variabel
Seperti
bahasa pemrograman lainnya, matlab pun memiliki variabel, tetapi dalam
penulisannya, variabel di dalam matlab tidak perlu dideklarasikan, karena
matlab mampu mengenali tipe data dari variable dari isi variabel tersebut.
Aturan penulisan variabel pada matlab sama dengan aturan pada bahasa
pemrograman lainnya, yaitu bersifa case sensitive, diawali dengan huruf dan
selanjutanya boleh menggunakan gabungan huruf-angka atau tanda garis bawah.
Matlab mampu mengenali sampai 31 karakter pertama, selanjutnya diabaikan.
Contoh:
>> var1=6.7
var1 =
6.7
>> var_2=[2 3 4]
Var_2 =
2 3 4
Semua tipe
data di matlab memiliki bentuk yang sama, yaitu array. Array minimal berukuran
0x0 dan dapat bertambah menjadi array n x m dimensi dengan sebarang ukuran.
Matlab mempunyai beberapa tipe data dasar (atau class), yaitu: logical, char,
numeric, cell, structure, java classes, function handles.
Himpunan
persamaan linier
Semula MATLAB diciptakan untuk
menyederhanakan komputasi matriks dan aljabar linier yang terdapat berbagai
aplikasi. Salah satu masalah yang paling umum dalam aljabar linier adalah
menemukan penyelesaian dari sekumpulan permasalahan linier.
Contoh :
Sebagai kumpulan persamaan linier :
A . x = b
Dengan symbol persamaan matematis
(.) diartikan dalam konteks matriks, tidak dalam konteks array. Dalam MATLAB
perkalian matriks dilambangkan dengan asrteriks (*). Persamaan diatas berarti
perkalian matriks antara matriks A dengan vektor x sama dengan vektor b. ada
atau tidaknya solusi bagi persamaan diatas adalah masalah aljabar linier. Jika
terdapat suatu penyelesaian, maka juga terdapat beberapa metode untuk menemukan
penyelesaian itu, seperti elimunasi Gauss, faktorisasi LU, atau penggunaan
langsung dari A-¹.
secara analisis, penyelesaian
ditulis sebagai x = A-¹ .b
Fungsi – fungsi pada MATLAB
1.
Fungsi – fungsi pada Skalar :
exp
log abs
round sqrt
2.
Fungsi – fungsi pada vector :
Max
min sum
prod sort
median
mean
std
3.
Fungsi – fungsi Matriks :
Selain
fungsi – fungsi untukmenyelesaikan himpunan persamaan linier, MATLAB juga
banyak menyediakan fingsi Matriks tang berguna untuk menyelesaikan masalah –
masalah numeric aljabar linier. Untuk informasi lebih lanjut dapan
digunakan on–line help atau
referensi on–lineMATLAB.
inv
: invers
lu
: faktorisasi LU
qr
: faktorisasi QR
exmp
: eksponsial matriks
sqrtm
: akar matriks
det
: determinan
size
: ukuran matriks
eig
: eigenvalue dan eigen vector
cdf2rdf
: bentuk kompleks diagonal ke bentuk real diagonal
chol
(A) : faktorisasi
cholesky
cond
(A) : bilangan kondisi
matriks
det
(A) :
determinan
inv
(A) :
invers matriks
4.
Fungsi Trigonometri
ain
: sinus
sinh
: sinus hiperbolik
asin
: invers sinus
cos
: cosines
acos
: invers cosines
tan
: tangen
atan
: invers tangent
5.
Save and Load
Biasanya
diinginkan untuk menyimpan hasil – hasil dari operasi MATLAB ke dalam media
yang lebih permanan, misalnya harddisk atau flashdisk. Digunakan perintah
dengan singkatan di bawah ini :
>>
save name_file.mat
Jika diinputkan kata save, maka
semua variable kerja yang aktif akan disimpan dalan ekstensi .mat. sesudah
tersimpan dalam memori sekunder, nilai data yang tersimpan dalam file tersebut
dapat dipanggil kembali ke memori dengan perintah load berikut :
>>
load name_file.mat
6.
Variabel dalam MATLAB
Seperti
compiler lain, MATLAB memiliki aturan dalam menamakan variable. Variable harus
terdiri dari satu kata tidak terpisah atau tidak mengandung spasi. Panjang
suatu variable maksimal 32 karakter. Variable harus dimulai dengan huruf, angka
atau kombinasi dari padanya. Variable tidak boleh diberi nama sama dengan
variable khusus yang sudah tercantum dalam MATLAB, missal : ans, pi, ops,
flops, inf.
1.
LANGKAH-LANGKAH PERCOBAAN
Ketikkan
pada command window perintah berikut :
·
Membuat matriks
>> a = [ 1 2 3; 4 5 6; 7 8 0];
·
Perintah untuk mencari invers matriks
>> inv(a)
·
Menjumlahkan variable a = 7 b = 8
>> a=7;
>> b=8;
>> c=a+b;
Ketikkan pada Command window
perintah berikut, kemudian amati dan beri penjelasan
>> a=[1 2 3 ; 4 5 6; 7 8 0]
>> b=[3 6 6 ; 8 0 4; 3 5 1]
>> det(a)
>> inv(a)*b
>> a/b
>> a*b
>> a+b
Ketikkan pada Command window
perintah berikut, kemudian amati dan beri penjelasan.
>> x=-1:0.01:2;
>>
y=1./((x-0.5).^3+0.1)+1./((x-0.7).^3+0.002)-8;
>> figure(1);
>> plot(x,y);
>> title(‘Contoh membuat
Grafik’),xlabel(‘x’),ylabel(‘y’);
>> grid;
1.
HASIL DAN PEMBAHASAN
Membuat
perintah pada Command Window
Membuat matriks
Setelah mengetik perintah Tersebut
maka hasilnya akan seperti berikut:
>> a = [ 1 2 3; 4 5 6; 7 8 0];
a =
1 2 3
4 5 6
7 8 0
Perintah diatas digunakan untik
membuat matriks 3×3.
·
Perintah untuk mencari invers matriks
>>inv(a)
Setelahmengetikperintah di
atasmakahasilnyaakansepertiberikut:
>>inv(a)
ans =
-1.7778
0.8889 -0.1111
1.5556
-0.7778 0.2222
-0.1111 0.2222
-0.1111
·
Menjumlahkan variable a = 7 danb = 8
>> a=7;
>> b=8;
>> c=a+b;
Setelah mengetik perintah di atas
maka hasilnya akan seperti berikut:
>> a=7;
>> b=8;
>> c=a+b;
>>c
c =
15
Perintah tersebut untuk menjumlahkan
variabel yaitu a dengan nilai 7 dan b dengan nilai 8.
Membuat
perintah pada Command Window.
1. Setelah
membuat perintah>> a=[1 2 3 ; 4 5 6; 7 8 0] ,maka hasilnya seperti
berikut :
>> a=[1 2 3 ; 4 5 6; 7 8 0]
a =
1 2 3
4 5 6
7 8 0
Perintah diatas digunakan untuk membuat
matriks A dengan ukuran3×3.
1. Setelah
membuat perintah>> b=[3 6 6 ; 8 0 4; 3 5 1] ,maka hasilnya seperti
berikut :
>> b=[3 6 6 ; 8 0 4; 3 5 1]
b =
3 6 6
8 0 4
3 5 1
Perintah diatas digunakan untuk
membuat matriks A dengan ukuran 3×3.
Setelah membuat
perintah>>det(a),maka hasilnya seperti berikut :
ans =
27
Perintah :>>det(a)digunakan
untuk mencari nilai determinan suatu matriks.
Setelah membuat perintah >>
inv(a)*b, maka hasilnya seperti berikut :
>>inv(a) *b
ans =
1.4444 -11.2222
-7.2222
-0.8889
10.4444 6.4444
1.1111
-1.2222 0.1111
Perintah :perintah>>inv(a)*b
digunakan untuk mencari nilai invers dua buah matriks atau lebih,
1. Setelah
membuat perintah>>a/b ,maka hasilnya seperti berikut :
>>a/b
ans =
0.5294
0.0147 -0.2353
0.8824
0.1912 -0.0588
-0.5294
0.2353 2.2353
Perintah :>>a/b
digunakan untuk pembagian dua buah matrik satau Lebih.
2. Setelah
membuat perintah>>a*b ,maka hasilnya seperti berikut :
>>a*b
ans =
28
21 17
70
54 50
85
42 74
Perintah :>>a/b
digunakan untuk perkalian dua buah matriks atau lebih.
Setelah membuat
perintah>>a+b,maka hasilnya seperti berikut :
>>a+b
ans =
4
8 9
12
5 10
10
13 1
Membuat
tampilan gambar pada output window
Ketiklah
perintah berikut :
>> x=-1:0.01:2;
>>
y=1./((x-0.5).^3+0.1)+1./((x-0.7).^3+0.002)-8;
>>figure(1);>>
plot(x,y);
>>title(‘ContohmembuatGrafik’),xlabel(‘x’),ylabel(‘y’);
>>grid;
Setelah di debug maka perintah
perintah tersebut akan memunculkan tampilan berikut ini :
Gambar
1.tampilan figure 1
AUTOCAD
AutoCAD adalah perangkat
lunak komputer CAD
untuk menggambar 2 dimensi dan 3 dimensi yang dikembangkan oleh Autodesk.
Keluarga produk AutoCAD, secara keseluruhan, adalah software CAD yang paling
banyak digunakan di dunia.
AutoCAD digunakan oleh insinyur
sipil, land developers, arsitek, insinyur
mesin, desainer interior dan
lain-lain.
Format data asli AutoCAD, DWG, dan yang lebih tidak populer,
Format data yang bisa dipertukarkan (interchange file format) DXF, secara de facto
menjadi standard data CAD. Akhir-akhir ini AutoCAD sudah mendukung DWF, sebuah format yang diterbitkan
dan dipromosikan oleh Autodesk untuk mempublikasikan data CAD.
AutoCAD saat ini hanya berjalan
disistem operasi Microsoft. Versi untuk Unix dan Macintosh
sempat dikeluarkan tahun 1980-an dan 1990-an, tetapi kemudian tidak dilanjutkan.
AutoCAD masih bisa berjalan di emulator seperti Virtual PC
atau Wine.
AutoCAD dan AutoCAD LT tersedia
dalam bahasa Inggris, Jerman, Perancis, Italia, Spanyol, Jepang, Korea,
Tionghoa Sederhana, Tionghoa Tradisional, Rusia, Ceko, Polandia, Hongaria,
Brasil, Portugis, Denmark, Belanda, Swedia, Finlandia, Norwegia dan Vietnam.
AutoCAD adalah
software atau perangkat lunak komputer yang digunakan untuk menggambar, baik
itu 2 Dimensi ataupun 3 Dimensi. CAD sendiri memiliki arti Computer Aided
Design. Program ini di kembangkan oleh Autodesk,Inc, sebuah perusahaan
multinasional yang bermarkas di Mill Valley, California.
AutoCAD
paling sering digunakan untuk menggambar sipil, bangunan, mesin, design
interior, pemetaan, piping diagram dan masih banyak lagi. Secara garis besar,
AutoCAD sering digunakan oleh arsitek, engineer, maupun para designer lainnya.
Interface yang ringan dengan pengoperasian yang mudah menjadikan AutoCAD sebagai software CAD paling
terkenal dan paling banyak digunakan di seluruh dunia
Desktop Auto
CAD
Gambar 2. Tampilan Desktop Auto CAD
Keterangan:
• Command Window, adalah tempat memasukkan perintah
melalui keyboard dan melihat pesan-pesan yang diberikan oleh AutoCAD. Command
Window dapat diubah ukuran dan letaknya sesuai kemauan kita.
• Status Bar, selalu terletak di sebelah bawah dari
menu AutoCAD, menunjukkan informasi koordinat dan setting yang bekerja pada
saat kita menggambar, seperti grid, snap, dan model/paperspace. Drawing Area,
merupan area tempat kita mengedit dan menggambar.
• Scrollbars, untuk menggeser tampilan, baik secara
vertical maupun horizontal.
• Menu Bar, berisi pull-down menu. Anda dapat
mengaktifkan menu ini dengan menggerakkan kursor menuju menu bar dan menentukan
pilihan dengan menekan tombol mouse sebelah kiri. Ketika Anda memilih salah
satu menu, menu tersebut akan memperlihatkan berbagai pilihan di mana Anda
dapat memilih satu dari berbagai pilihan tersebut. Menu yang dapat dipilih
hanya yang berwarna gelap.
• Floating Toolbar, merupakan menu atau perintah yang
berbentuk gambar. Ketika kursor terletak di atas gambar, akan tampil keterangan
perintah dari gambar tersebut. Jika pada gambar tersebut terdapat tanda
segitiga di sebelah kanan bawah (flyout indicator), hal itu menandakan gambar
tersebut mempunyai gambar atau perintah berikutnya (sub command). Floating
toolbar dapat diubah ukuran dan tempatnya.
• Cursor Menu, merupakan menu yang tampil jika kita
menggabungkan tombol keyboard dengan tombol mouse, misalnya Shift+tombol mouse
kanan untuk menampilkan Object Snap Mode dan Filters Menu.
• Dialogue Boxes, merupakan tampilan pendukung
perintah yang kita masukkan melalui keyboard atau melalui menu pick.
• Crosshair Cursor, disebut juga “cross hair”
merupakan alat menggambar dan memilih objek.
• UCS Icon, merupakan tanda letak bidang gambar.
.
Layar Auto CAD terdiri dari:
1. Layar Gambar
Bagian layar gambar ini adalah
tempat untuk menggarnbar dan Auto CAD menampilkan cursor. Di daerah ini,
cursor dapat digerak-gerakkan lewat pointing
device atau mouse.
2. Command
Line/ Prompt
Command
line promp yaitu tempat untuk memasukkan perintah-pcrintah
lewat keyboard. Kemudian Auto CAD menampilkan prompt untuk dipilih dan
keterangan-keterangan lainnya. Command line berada di sebelah bawah-kiri
layar Auto CAD.
3. Status Line
Status lineletaknya di sebelah atas
layar gambar. Bagian ini dapat menampilkan keterangan-keterangan tentang nama
layar, koordinat dan keberadaan cursor dan lain-lain.
4. Pull-Down
Menu
Bagian ini berada di sebelah atas
layar gambar. Jika kita ingin menggambar sualu objek, maka kita meng-klik Pull
– Down Menu kemudian pilih salah satu objek yang hendak digambar (misalnya
menggambar garis, maka klik line)
5. Cursor Menu
Menu ini akan tampil di layar gambar
( di mana saja dan layar gambar) bila kita klik tombol mouse sebelah kanar.
Toolbar
Dimensi :
Fungsi dari
toolbar dimensi pada AutoCAD secara khusus digunakan untuk memberi dimensi atau
ukuran pada gambar, macamnya sendiri ada Linear Dimension, Angular Dimension,
Radius Dimension, Aligned Dimension, dan fungsi-fungsi dimensi lainnya.
Toolbar Draw
:
Fungsi Draw
Toolbar pada AutoCAD ini digunakan sebagai command / perintah untuk membuat
suatu gambar objek, seperti perintah membuat garis, lingkaran, kotak, polygon,
ellipse, text, tabel dan lainnya.
Objek Snap / Drafting Tools :
Fungsi dari
toolbar object snap pada AutoCAD, digunakan sebagai alat bantu saat kita
menggambar nanti. Fungsinya adalah mengunci kursor di titik tertentu pada
objek, agar hasil gambar kita nantinya akurat dan sempurna.
Modify
Toolbar:
Fungsinya adalah untuk memodifikasi
gambar / garis yang sudah kita buat, contoh beberapa perintahnya antara lain
erase, trim, extend, copy, move, mirror, array, offset, dan lain sebagainya.
Styles
Toolbar / Dimension Style :
Fungsinya adalah untuk menentukan
style dari suatu dimensi, digunakan untuk menentukan besaran huruf dimensi,
font yang dipakai, warna dimensi, toleransi, skala dimensi dan lainnya.
Layers
Toolbar:
Digunakan untuk membuat layer atau
lapisan saat menggambar, tools ini wajib digunakan karena akan sangat membantu
kita saat menggambar. Memudahkan kita saat editing gambar atau selecting gambar
nantinya. Disamping itu layer juga bisa kita tentukan warna, jenis garis, serta
tebal garisnya. Biasanya saat hasilnya nanti kita print / plot akan terlihat,
tebal tipis garisnya.
Properties :
Digunakan untuk menentukan tebal
garis, jenis garisnya serta warna garisnya. Pada dasarnya tools ini jarang
digunakan, dan saya lebih merekomendasikan untuk menggunakan layer daripada
tools ini.
Pointer :
Fungsi dari pointer di AutoCAD untuk
selecting tool, atau bisa juga untuk pick tools, yaitu untuk memilih suatu
objek atau untuk seleksi objek. Gambar disebelah kiri adalah pointer default
saat kita tidak memberika perintah. Dan yang di sebelah kanan pointer berubah
menjadi select tool saat ada perintah seleksi objek.
Command Line
:
Fungsi dari command line adalah
catatan, ataupun panduan saat kita memberikan perintah / command.
Memberikan
Perintah pada Auto CAD
Ada beberapa cara unluk memberikan
penintah padaAuto CAD:
1. Mengetikkan
perintah di command line (di sebelah kiri-bawah layar)
Command : line
1. Units
Perintah units dgunakan untuk
mengatur tipe dan text ukuran, baik ukuran dalam arah panjang maupun ukuran
dalam bentuk sudut, juga menentukan banyak angka di belakang koma (desmial) dan
memilih satuan yang digunakan (apakah mm, cm dan yang lainnya)
ü Command : Units (enter)
muncul kotak dialog Drawing Units (tentukan pilihan)
2. Limits
Limits digunakan untuk menentukan
batas—batas menggambar di layar (ukuran kertas)
ü Command: Limits(enter)
3. Grid,
Snap Grid, Ortho
4. Grid
(F7)
Perintah Grid menampilkan pola
berbentuk titik—titik (dots) di layar gambar Jarak antara grid dapat ditentukan
sesuat dengan yang kita inginkan. Pola grid ini ditampilkan hanya di
daerah limits saja.
ü Command: grid
(enter)
1. Snap
grid (F9)
Cross-hairs
di dayar dapat digerakkan atau digeser dengan hebas. Tetapi jika kita ingin
menempatkan pada sualu titik/ tempal dengan tepat, terasa sulit sekali. Hal ini
dapat diatasi dengan perintah snap, sedemikian rupa cross-hairs dapat digerakan
secara tersentak-sentak pada jarak tertentu dan teratur dalam arah tegak maupun
datar. Gerakan semacam ini disebut snap grid. Perintah
Snap Grid adalah untuk gerakan-gerakan dan cross-hairs.
ü Command: snap(enter)
2. Perintah
ortho (F8)
Bila kita ingin menggambar garis
hanya mengarah datar dan tegak saja, gunakan perintah Ortho. Perintah ini
berguna kalau kita menggambar bentuk-bentuk persegi, Pertemuan antara garis
saling tegak lurus.
ü Command: ortho
(enter)
3. Tampilan
gambar
Pengaturan tampilan layar dilakukan
dengan perintah sebagai berikut.
4.
Zoom
Perintah zoom benfungsi seperti
lensa sebuah kamera yang dapat membuat pandangan suatu obyek diperbesar atau
diperkecil.
ü Command : zoom
(enter)
5.
Redraw
Perintah redraw adalah : untuk
mernbersihkan layar gambar dari bintik-bintik berbentuk tanda silang
kecil-kecil yang timbul di layar bila anda memilih entity dengan mouse.
Bentuk umum perintah redraw:
ü Command: Redraw
(enter)
6.
Regen
Perintah regen adalah
untuk memperbaharui gambar di layar gambar, jika hasil gambar yang ditampilkan
oleh perintah redraw masih belum memuaskan, maka perinta regen memberikan hasil
gambar yang lebih akurat di layar gambar.
ü Command: regen
(enter)
7.
Pan
Bila sebagian gambar berada di luar
maka gunakan Pan untuk menggeser gambar tersebut agan masuk ke dalam layar
gambar. Perintah ini dapat menggeser gambar ke arah kiri atau kanan layar, ke
arah atas atau bawah layar dengan Menggunakan mouse.
ü Command: Pan (enter)
- Perintah Line
Bagian utama dari sebuah gambar
ialah terdiri dan garis. Perintah untuk menggambar garis ialah “line’’. Swbuah
garis sebenarnya terbentuk antara dua titik yang saling dihubungkan. Berarti
kalau ada serangkaian garis tentunya ada beberapa titik yang saling
dihubung-hubungkan.
ü Command: Line
- Perintah Circle
Perintah circle digunakan untuk
menggambar lingkaran. Masing-masing pilihan selalu memberikan prompt mengenai
penempatan lingkaran, yaitu lewat titik pusat atau titik-titik lainnya yang
terletak di lingkarannya sendiri.
·
Lingkaran dengan option radius
ü Command: circle
(enter)
- Arc (membuat busur)
Perintah Arc digunakan untuk
menggambar busur. Busur merupakan bagian dari sebuah lingkaran dan banyak cara
untuk membuatnya. Di sini hanya beberapa cara saja yang digunakan untuk
menggambar busur. Penggambaran busur dapat juga dilakukan dan Pull Down
Menu.
ü Pull-down-menu: Draw –
Arc
·
Busur dengna option 3-Point
ü coimmand: arc
(enter)
- Perintah Rectangle
Perintah Ractangle digunakatn untuk
membuat bentuk persegi empat, yaitu dengan menempatkan suatu titik dan titik
lainnya dalam arah diagonal.
ü Command: rectangle
(enter)
- Perintah Doughnut (Donut)
Perintah doughnut atau donut
digunakan untuk membuat lingkaran dengan garis keliling lingkaran yang telah,
atau membuat lingkaran yang solid.
ü Command: donut (enter)
- Perintah Polygon
Pada umumnya bentuk polygon adalah
bentuk geometrik yang tcrtutup yang terdiri dun beherapa sisi dan sudut yang
santa. AutoCAD dapat membuat polygon minimum 3 sisi dun miksimum 1024
sisi. Seimakin banyak sisinya, polygon ini tampak seperti; lingkaran.
·
Membuat polygon berdasarkan letak titik pusat dan di
dalam lingkaran (Inscribed).
ü Command: polygon
(enter)
- Perintah Ellipse
Sebuah lingkaran yang dipandang pada
suatu keimiringan sudut tertentu akan tampak seperti bentuk
ellipse. Ellipse mempunyai sumbu panjang (mayor) dan sumbu pendek (minor).
·
Membuat ellipse berdasarkan Center
ü Command: ellipse
(enter)
- Linetype
Perintah Linetype digunakan untuk
menampilkan jenis-jenis garis. Jenis garis ini dapat digunakan sesuai dengan
keperluan kita, misalnya jenis garis putus—putus, garis titik-titik, garis
sumbu (center) dan lain-lain.
ü Command: Linetype
(muncul menu Linetype Manager)
- Perintah Osnap
Perintah
Osnap alan Object SNAP ialah mrmilih dengan tepat ujung garis, tengah-tengah
garis, membuat tegak lurus pada suatu garis, titik perpotongan dua garis dan
titik terdekat dari suatu garis. Jika kita akan menyambung suatu garis di
ujung garis yang sudah ada, hal ini terasa sulit untuk menjamin ketepatannya.
Setelah perintah Osnap dimasukkan, di cursor terbentuk kotak, yang
disebut aperture atau cursor box. Dengancursor box ini kita pilih ujung garis yang akan
disambung sehingga ujung garis tadi berada di dalam cursor box. Maka perintah
Osnap secara otomatis akan menyambung ke ujung garis yang sudah ada.
- Eraser
Perintah erase digunakan untuk
menghapus sebagian atau seluruh objek gambar yang diinginkan.
ü Command: erase
(enter)
- Move
Perintah Move digunakan untuk
memindahkan atau menggcser obyek dari satu posisi ke posisi yang diinginkan
dengan cara memilih obyek yang hendak dipindahkan
ü Command: move
- Copy
Perintah copy digunakan untuk
memperbanyak obyek atau entity dan dapat ditempatkan dimana saja yang
diinginkan,
ü Command: copy
- Trim
Perintah trim digunakan unluk
memotong hagian dan suatu garis, busur atau lingkaran. Bagian yang dipotong
harus dibatasi oleh suatu pertemuan atau perpotongan dengan garis, husur-atau
lingkaran lainnya
ü Command: Trim
- Extend
Perintah Extend digunakan untuk
memperpanjang garis, atau busur sampai pada batas yang ditentukan dan
batas-batas ini dapat berupa guris, busur atau lingkaran: Perintah
Extend tidak bekerja pada lingkaran.
ü Command: Extend
- Mirror
Perintah Mirror digunakan untuk
mencerminkan obyek yang mana jarak benda ke cermin sama dengan jarak
bayangan ke cermin tetapi bentuknya berlawanan.
ü Command: mirror
- Rotate
Perintah rotate digunakan untuk
mengubah orientasi atau mernutar obyek atau gambar berdasarkan titik putar/
base point yang dipilih.
·
Command: Rotate
- Scale
Perintah scale digunakan untuk
memperbesar atau memperkecil objek secara proporsional dalam lain arah X dan Y.
ü Command: sca
- Arrays
Perintah array digunakan untuk
membuat obyek dalam jumlah yang banyak, baik dalam bentuk baris dan kolom
(rectangular) maupun dalam bentuk perputaran (polar).
ü Command: array
- Offset
Perintah Offset digunakan untuk
membuat garis atau bidang yang sejajar dengan obyek yang pertama dan letaknya
dapat ditentukan.
ü Command: Offset
- Chamfer
Perintah
Chamfer digunakan untuk membuat persegi dari pertemuan dua garis.
arc atau circle.
- Fillet
Perintah Fillet digunakan untuk
membuat kelengkungan dari pertemuan dua garis, irc atau circle.
ü Command: Fillet
- Insert
Perintah Insert digunakan untuk
memindahkan suatu gambar yang disimpan di file lain ke file yang sedang
bekerja/aktif.
ü Command: insert
(muncul kotak dialog insert)
SOLIDWORKS
SOLIDWORKS adalah salah satu CAD
software yang dibuat oleh DASSAULT SYSTEMES digunakan untuk merancang part
permesinan atau susunan part permesinan yang berupa assembling dengan
tampilan 3D untuk merepresentasikan part sebelum real part nya dibuat atau
tampilan 2D (drawing ) untuk gambar proses permesinan.
SolidWorks diperkenalkan pada tahun
1995 sebagai pesaing untuk program CAD seperti Pro / ENGINEER, NX Siemens,
I-Deas, Unigraphics, Autodesk Inventor, Autodeks AutoCAD dan CATIA. dengan
harga yang lebih murah. SolidWorks Corporation didirikan pada tahun 1993
oleh Jon Hirschtick, dengan merekrut tim insinyur untuk membangun sebuah
perusahaan yang mengembangkan perangkat lunak CAD 3D, dengan kantor
pusatnya di Concord, Massachusetts, dan merilis produk pertama, SolidWorks
95, pada tahun 1995.
Pada tahun 1997 Dassault Systèmes,
yang terkenal dengan CATIA CAD software, mengakuisisi perusahaan dan
sekarang ini memiliki 100% dari saham SoliWorks. SolidWorks dipimpin oleh
John McEleney dari tahun 2001 hingga Juli 2007, dan sekarang dipimpin oleh
Jeff Ray. Saat ini banyak industri manufaktur yang sudah memakai software
ini, menurut informasi WIKI , SolidWorks saat ini digunakan oleh lebih
dari 3 / 4 juta insinyur dan desainer di lebih dari 80.000 perusahaan di
seluruh dunia. kalau dulu orang familiar dengan AUTOCAD untuk desain
perancangan gambar teknik seperti yang penulis alami tapi sekarang dengan
mengenal SOLIDWORKS maka AUTOCAD sudah jarang saya pakai. Tapi itu
tentunya tergantung kebutuhan masing-masing.
Untuk permodelan pada industri pengecoran logam dalam
hal pembuatan pattern nya, program program 3D seperti ini sangat membantu sebab
akan memudahkan operator pattern untuk menterjemahkan gambar menjadi pattern
/model casting pengecoran logam dan tentunya akan mengurangi kesalahan
pembacaan gambar yang bisa mengakibatkan salah bentuk. Untuk industri
permesinan selain dihasilkan gambar kerja untuk pengerjaan mesin manual juga
hasil geometri dari SolidWorks ini bisa langsung diproses lagi dengan CAM
program semisal MASTERCAM,SOLIDCAM,VISUALMILL dll. Untuk membuat G Code yang
dipakai untuk menjalankan proses permesinan automatic dengan CNC.
SolidWorks 2012
membuat 3D modeling sangat mudah dan sebagian besar perusahaan terkenal dari
berbagai sektor (Otomotif, Aerospace, konstruksi, manufaktur dll) menggunakan
sebagai tool modeling utama. Ini adalah tutorial SolidWorks 2012 yang
menunjukkan bagaimana menggunakan SoildWorks Revolved Boss / Basis fitur dengan
contoh langkah-langkah dalam bentuk gambar.
Revolve Boss /
Base adalah salah satu fitur utama seperti Extrude boss/base, yang membantu
untuk menambah bahan dengan cara revolving. Fungsi ini membantu untuk membuat
model bulat simetris, satu-satunya hal adalah bahwa pertama sketsa setengah
bagian simetris Anda ingin berputar dan juga menarik sumbu itu. Keluar dari
sketsa dan klik pada fitur tab dan pilih Revolve Boss / Base. Tentukan sumbu dan
bagian yang akan berputar dan klik tombol OK.
Klik pada :
New -> Select plane and sketch -> gambar
setengah bagian simetris dan tentukan dimensi -> Exit sketch -> Click on
Features -> Revolve Boss/Base -> Tentukan sumbu dan pengaturan lain
sebagai kebutuhan Anda -> Ok
Bagi yang punya background permesinan /mengerti gambar
teknik dan bisa pakai AUTOCAD mempelajari SOFTWARE ini kalau hanya untuk
pakai dan berproduksi secara sederhana tidak akan memerlukan waktu terlalu
lama beda halnya kalau untuk jadi master atau expert SOLIDWORKS atau
apalah? tentunya memerlukan waktu dan jam pakai yang lama. Seperti
Program-program aplikasi Grafis 3D lainnya Solidworks pun bisa membuat
berbagai model tergantung keinginan dan kemampuan dari pemakai, bukan hanya untuk
model mekanik, model Furniture, Bangunan dan benda-benda disekitar kita
pun bisa dibikin, hanya saja kalau penulis pakai SolidWorks hanya untuk
bikin gambar dan model teknik.
SPESIFIKASI MINIMAL HARDWARE
Untuk Spek Komputer minimal yang di sarankan untuk
SOLIDWORKS 2012 adalah sbb:
- System Operasi WIN XP,Vista, Seven
- Processor Pentium 4, Intel XEON, Intel Core, AMD Athlon, AMD Turion, AMD Phenom. (2,5 GHz atau lebih)
- RAM min 1GB (Disarankan 2GB)
- VGA Card 256 MB (Disarankan 512MB atau lebih)
- HardDisk lebih dari 5 GB
- DVD Room
https://en.wikipedia.org/wiki/SolidWorks
https://youzoef.wordpress.com/2011/12/02/solidworks-2012/
0 komentar:
Posting Komentar