BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS »

Selasa, 13 Mei 2014

Ketahanan Nasional ( Ketahanan Pangan )

Ketahanan Pangan

            Ketahanan pangan sebagian terjemahan istilah food security. ketahanan pangan diberikan pengertian sebagai suatu kondisi ketersediaan pangan cukup bagi setiap orang pada setiap saat dan setiap individu mempunyai akses untuk memperolehnya baik secara fisik maupun ekonomi. Dalam pengertian ini ketahanan pangan dikaitkan dengan 3 tiga faktor utama yaitu :
  1. Kecukupan atau ketersediaan pangan
  2. Stabilitas ekonomi pangan
  3. Akses fisik maupun ekonomi bagi individu untuk mendapatkan pangan
            Selain pengertian atau definisi tentang ketahanan pangan diatas, ada beberapa pengertian atau definisi lain mengenai ketahanan pangan dari beberapa sumber yang ada. Definisinya antara lain adalah sebagai berikut :
  1. Ketahanan pangan adalah ketersediaan pangan dunia yang cukup dalam segala waktu untuk menjaga keberlanjutan konsumsi pangan dan menyeimbangkan fluktuasi produksi dan harga. ( First World Food Conference 1974, United Nations, 1975 )
  2. Ketahanan pangan adalah situasi dimana semua orang dalam segala waktu memiliki kecukupan jumlah atas pangan yang aman dan bergizi demi kehidupan yang sehat dan aktif. ( FAO ( Food and Agricultural Organization), 1992 )
  3. Ketahanan pangan adalah akses oleh semua orang pada segala waktu atas pangan yang cukup untuk kehidupan yang sehat dan aktif. ( World Bank, 1996 )
  4. Ketahanan pangan adalah kondisi ketika semua orang pada segala waktu secara fisik, sosial dan ekonomi, memiliki akses atas pangan yang cukup, aman, dan bergizi, untuk pemenuhan kebutuhan konsumsi (dietary needs) dan pilihan pangan (food preferences) demi kehidupan yang aktif dan sehat. (FIVIMS (Food Insecurity and Vulnerability Information and Mapping System ), 2005 )
  5. Kondisi terpenuhinya kebutuhan pangan bagi rumah tangga yang tercermin dari tersedianya pangan secara cukup, baik dari jumlah maupun mutunya, aman, merata, dan terjangkau. (UU Pangan No.7 1996)
Tujuan dari Program Ketahanan Pangan adalah :
  1. Meningkatnya ketersediaan pangan.
  2. Mengembangkan diversifikasi pangan.
  3. Mengembangkan kelembagaan pangan.
  4. Mengembangkan usaha pegelolaan pangan.
    Strategi yang dikembangkan dalam upaya pembangunan ketahanan pangan adalah sebagai berikut :
  1. Peningkatan kapasitas produksi pangan nasional secara berkelanjutan (minimum setara dengan laju pertumbuhan penduduk) melalui intensifikasi, ekstensifikasi dan diversifikasi.
  2. Revitalisasi industri hulu produksi pangan (benih, pupuk, pestisida dan alat dan mesin pertanian.
  3. Revitalisasi Industri Pasca Panen dan Pengolahan Pangan.
  4. Revitalisasi dan restrukturisasi kelembagaan pangan yang ada ; koperasi, UKM dan lumbung desa.
  5. Pengembangan kebijakan yang kondusif untuk terciptanya kemandirian pangan yang melindungi pelaku bisnis pangan dari hulu hingga hilir meliput penerapan technical barrier for Trade (TBT) pada produk pangan, insentif, alokasi kredit , dan harmonisasi tarif bea masuk, pajak resmi dan tak resmi.
Sumber : http://rahmifauziyah914.blogspot.com/2013/03/makalah-ketahanan-pangan.html



0 komentar: