BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS »

Kamis, 08 Mei 2014

Wawasan Nusantara ( Globalisasi )

Globalisasi
           
            Saat ini globalisasi merupakan sesuatu yang tidak dapat dihindari. Segala aspek kehidupan telah dilewati tanpa mengenalnya lebih dahulu. Trend dan gaya hidup warga masyarakat tidak terlalu jauh antara wilayah yang satu dengan wilayah yang lainnya. Dampaknya, baik dampak positif maupun dampak negatif harus benar-benar kita sikapi. Prosesnya perlu ada kerjasama antar wilayah ataupun antar negara. Disinilah negara kita harus berperan aktif dalam menyikapi masalah tersebut, melalui politik bebas aktif sehingga dapat menyikapi masalah-masalah tersebut.
            Globalisasi memiliki pengertian yang sangat luas. Globalisasi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan dunia, internasional yang tidak menyangkut masalah tertentu, tetapi juga menyangkut seluruh aspek kehidupan manusia, baik ekonomi, politik, sosial, budaya maupun teknologi. Proses dari globalisasi semakin cepat karena adanya penemuan-penemuan baru di berbagai bidang, terutama dalam bidang komunikasi, informasi dan transportasi.
            Globalisasi jelas telah membawa perubahan dalam berbagai bidang kehidupan pada masyarakat dunia termasuk Indonesia. Bagi negara berkembang seperti Indonesia, globalisasi merupakan peluang sekaligus ancaman. Dampak positif dari globalisasi terlihat dari mudahnya manusia dalam berkomunikasi antara manusia yang satu dengan manusia yang lain di berbagai tempat di seluruh dunia. Namun salah satu dampak negatif dari globalisasi terlihat dari maraknya masalah yang akhir-akhir ini telah mengguncang dunia terutama negara kita, yaitu masalah penyadapan yang dilakukan oleh negara lain. Oleh karena itu, kita harus menyaring dengan nilai-nilai Pancasila dalam menyikapi arus globalisasi, yaitu dengan menerima nilai-nilai positif dari globalisasi dan meninggalkan nilai-nilai negatif dari globalisasi.
            Dalam bidang ekonomi, globalisasi memberikan pengaruh yang sangat beragam. Globalisasi memberikan banyak pilihan terhadap produk yang kita inginkan yang tentunya disesuaikan dengan kebutuhan dan harga yang kita mampu. Globalisasi telah membawa perubahan dalam hal perilaku pemilihan sebuah produk, baik masyarakat kota maupun masyarakat pedesaan. Dampak positifnya, kita dapat membeli barang-barang atau produk-produk luar negeri tanpa harus pergi ke luar negeri terlebih dahulu karena sudah banyak distributor yang menjual produk-produk luar negeri di negara kita atau dengan cara pembelian online. Hal itu juga banyak terjadi pada pengguna produk-produk lain seperti makanan, minuman, alat-alat rumah tangga dan lain-lain. Itu merupakan salah satu dampak dari globalisasi. Selain dampak positif diatas, adapula dampak negatif yang dapat dirasakan. Contohnya seperti orang yang meniru gaya hidup mulai dari cara berpakaian atau cara makan dari bangsa lain meski tidak sesuai dengan gaya kepribadian kita. Selain itu, perilaku konsumerisme dan materialis pun tidak dapat kita hindari dan kita sadari yang menyebabkan kita menjadi berperilaku boros dan acuh tak acuh terhadap lingkungan sekitar.
            Dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, arus globalisasi juga ikut mempengaruhi bahkan sangat kuat efeknya yang dapat dirasakan. Contohnya, ditemukannya berbagai obat-obatan dan teknologi dalam dunia kedokteran akan membantu banyak manusia dalam hal kemanusiaan. Dalam bidang biologi, banyak membantu para kaum petani dan peternak untuk memaksimalkan produk pertanian dan peternakannya. Dalam bidang teknologi sendiri, globalisasi juga memiliki peranan penting tersendiri. Dengan perkembangan tekonologi informasi, manusia dapat berkomunikasi dengan orang lain diberbagai tempat tanpa harus bertatap muka yaitu dengan adanya satelit, internet, dan ponsel atau telepon genggam. Itu membuat jarak dan waktu menjadi tidak begitu maslaah lagi. Selain itu, dalam bidang transportasi, globalisasi telah membawa perubahan yang sangat besar. Contohnya dengan adanya kereta api super cepat dan pesawat terbang saat ini, kecanggihannya dapat mengantarkan manusia dalam waktu yang sangat cepat, singkat an mudah. Selain dampak positif, ada juga dampak negatifnya, seperti ketika manusia menemukan bahan peledak dan bom atom serta senjata api yang canggih yang digunakan untuk berperang. Lalu berkembangnya dunia komunikasi, membuat terkadang internet disalahgunakan. Misalnya untuk mengakses foto-foto atau video yang tidak sesuai dengan ajaran moral.
            Masih banyak lagi hal-hal yang memiliki dampak positif maupun hal-hal yang memiliki dampak negatif. Maka dari itu, kita harus bisa menyikapi perkembangan dalam era globalisasi ini dengan bijak dan sebaik-baiknya.


Daftar Pustaka : Wiyono, Hadi,. Isworo.2013.Kewarganeraan.Jakarta: Ganeca Exact.

0 komentar: